fbpx
5 Tips Beli Rumah

Mau beli rumah? Yuk simak 5 tips berikut, 5 tips ini bisa bantu kamu beli rumah. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan hunian, membuat menjamurnya pihak developer properti dengan penawaran yang kian beragam. Sebagai calon konsumen, tentunya kita akan menghadapi beberapa kesulitan memilih mana yang terbaik untuk kita. Salah satu jenis properti yang tengah naik daun adalah properti syariah. Karena Indonesia memiliki banyak umat islam, maka tak heran jika properti berbasis syariah kian banyak diminati.

Cara Memilih Properti Syariah Penuh Berkah

1. Teliti Dalam Memilih Developer

Sebagai konsumen yang cerdas haruslah memilih pengembang atau developer properti yang baik. Bukan hanya properti syariah, ini juga berlaku untuk kamu yang mencari properti konvensional. Selain mendtangi proyek properti secara langsung, kalian juga perlu memastikan pihak pengembang apakah sudah mengikuti komunitas Developer Properti Syariah Indonesia atau belum. Komunitas ini merupakan kumpulan penyedia properti konvensional maupun syariah yang memiliki repurtasi yang baik. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk menghindari diri dari pengembang nakal atau bahkan penipuan.

2. Melihat Rumah Sampel

Dalam proses pembelian hunian tentunya para konsumen diwajibkan untuk melihat rumah sampel atau percontohan yang ada. Hal ini dilakukan agar para pembeli bisa memiliki gambaran seperti apa rumah yang akan mereka beli. Istishna atau pola inden adalah pembangunan properti akan dilakukan ketika pembeli sepakat dengan harga yang ditawarkan. Bukan hanya properti syariah, properti konvensional juga banyak yang menerapkan metode istishna. Developer syariah juga ada yang menyediakan hunian tanpa DP atau uang muka, namun tentu saja hal ini memengaruhi lamanya proses pembangunan. Jika pembeli menginginkan hunian tersebut dalam waktu dekat, maka ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.

3. Pengembang Tanpa Bank

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa properti syariah tidak mengenal riba atau mengharamkan riba, sehingga tidak memerlukan kerja sama dengan bank. Mulai dari pembiayaan hingga pembayaran semuanya dilakukan secara mandiri oleh developer. Namun untuk sumber pembiayaan, pihak developer syariah tentunya perlu bantuan para investor. Sehingga hunian yang didapat akan jauh lebih berkah dan terhindar dari unsur riba. Namun, apabila pihak developer tidak cukup memiliki investor untuk membiayai, maka para pembeli akan diharuskan untuk membayar DP atau uang muka yang bervariasi tergantung developernya. Hal ini tentu saja untuk kepentingan pembiayaan pembangunan agar sesuai dengan tenggat waktu yang diinginkan.

5 Tips Beli Rumah

4. Memilih Hunian KPR Bank Syariah

Berbeda dengan KPR syariah atau properti syariah, KPR bank syariah ini memiliki konsep yang sebagian sama dengan properti konvensional. KPR bank syariah memiliki sistem denda dan juga sistem bagi hasil, jadi bisa dibilng masih memiliki sistem riba walau tidak begitu kentara. Namun, keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah, kebanyakan properti bank syariah memiliki sistem asuransi yang pastinya untuk keselamatan dan jaminan hunian itu sendiri. Tetapi perlu diingat juga, sistem asuransi tersebut masih terdapat kemungkinan riba, ghoror dan maysir yang mungkin saja mengurangi keberkahan hunian tersebut, wallahualam. Semua kebijakan kembali kepada anda sebagai konsumen.

5. Cash Keras

Salah satu cara untuk menghindari kemungkinan riba adalah dengan membayar biaya properti secara kontan. Meski kini harga yang dibanderol amat sangat tinggi, yaitu lebih dari 250 juta, namun hal ini tentunya tidak akan merasa berat bagi anda yang memang memiliki jumlah uang tersebut. Bagi anda yang tidak memiliki sejumlah uang yang cukup untuk melakukan cash keras, maka disarankan untuk tidak memaksakan diri. Cash keras, tidak memerlukan metode cicilan yang mungkin masih diberikan tambahan bunga selama tenor.

6. Memilih Developer dengan Bunga Cicilan 0%

Developer properti syariah tentunya akan memberikan cicilan yang sama jumlahnya dengan harga yang disepakati. Tidak ada tambahan bunga di setiap pembayaran selama tenor. Hal inilah yang disebut bebas dari riba. Jadi disarankan untuk anda mencari pengembang tanpa bunga cicilan.

Itulah beberapa tips dan informasi mengenai properti syariah yang perlu anda ketahui. Selain syariah, kalian juga bisa memilih propeti konvensional, tentunya pilihlah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jangan sampai anda sebagai konsumen merasa dirugikan dengan harga atau bunga cicilan yang membebani. Semoga informasi ini bisa menginspirasi anda dalam memilih hunian.

Demikian 5 Tips yang bisa bantu kamu beli rumah, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Silahkan share jika dirasa bisa membantu.

Baca Juga :

Investasi Passive Income Syariah Apartemen De KOST Di Bogor

Tanya Jawab Seputar KPR Syariah Tanpa Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @Kubusproperty