fbpx

4 Jenis Sertifikat Rumah dan Properti. Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak sekali kebutuhan. Tak hanya makan dan minum, manusia juga membutuhkan rumah, pakaian, uang, dan masih banyak yang lainnya. Namun salah satu kebutuhan yang membutuhkan banyak biaya adalah rumah dan properti. Untuk mendapatkan rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membeli secara tunai atau cicilan. Selain itu, konsep cicilan juga beragam, mulai dari cara atau konsep konvensional hingga syariah seperti properti syariah.

4 Jenis Sertifikat Rumah dan Properti

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak sekali kebutuhan. Tak hanya makan dan minum, manusia juga membutuhkan rumah, pakaian, uang, dan masih banyak yang lainnya. Namun salah satu kebutuhan yang membutuhkan banyak biaya adalah rumah dan properti. Untuk mendapatkan rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membeli secara tunai atau cicilan. Selain itu, konsep cicilan juga beragam, mulai dari cara atau konsep konvensional hingga syariah seperti properti syariah.

4 Jenis Sertifikat Rumah dan Properti Serta Arti Properti Syariah

Properti syariah saat ini sudah mulai banyak diminati karena konsep yang digunakan sangat jelas. Konsep yang satu ini juga dikenal dengan KPR Syariah yang merupakan skema pemilikan rumah dengan akad-akad yang sesuai dengan syariah. Konsep pembayaran jenis ini sangat berbeda dengan cara konvensional karena yang digunakan adalah akad, bukan menggunakan skema bisnis sehingga pembelian rumah bisa langsung dilakukan tanpa menggunakan pihak ketiga.

Itulah sedikit ulasan tentang properti syariah. Setelah itu, mari berlanjut mengulas tentang 4 jenis sertifikat rumah dan poperti yang paling umum. Berikut 4 jenis sertifikat rumah dan properti:

A. Sertifikat Hak Milik atau SHM

Sertifikat Hak Milik adalah jenis sertifikat kepemilikan secara penuh atas hak lahan dan/tanah yang dimiliki oleh pemegang sertifikat. SHM merupakan jenis sertifikat kepemilikan yang paling kuat dan penuh. Selain itu, SHM juga bisa dialihkan, baik itu dengan cara dijual, dihibah, atau bahkan diwariskan. Dengan adanya SHM, maka pihak lain tidak memiliki hak apapun untuk ikut campur atas kepemilikan tanah atau lahan. Kelebihan lain pada SHM adalah tanah dengan sertifikat SHM hanya bisa dimiliki oleh WNI (Warga Negara Indonesia).

B. Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB

4 Jenis Sertifikat Rumah dan Properti

Sertifikat Hak Guna Bangunan atau yang juga sering dikenal dengan HGB merupakan hak seseorang untuk mendirikan dan memiliki bangunan di atas tanah milik orang lain. Pemilik tanah tersebut bisa pemerintah, perorangan, atau bahkan badan hukum. Perlu diketahui bahwa SHGB sendiri bisa berlaku hingga 30 tahun dan jika ingin memperpanjang maka bisa dilakukan hingga batas waktu 20 tahun. Sama seperti hal lain, SHGB juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh SHGB adalah dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Selain itu, peluang usaha pada jenis sertifikat kepemilikan ini cukup besar serta bisa dimiliki oleh WNA atau Warga Negara Asing. Seperti yang sudah disebutkan bahwa SHGB juga memiliki kekurangan yaitu jangka waktunya yang terbatas dan tidak bebas.

C. Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun atau SHSRS

Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun merupakan jenis sertifikat yang dimiliki oleh pemilik rumah vertikal atau rumah susun (apartemen) yang dibangun di atas tanah dengan kepemilikan bersama. Jenis SHSRS memiliki beberapa karakteristik, salah satunya adalah hak milik atas satuan rumah susun memiliki sifat perorangan dan terpisah serta terdapat kepemilikan bersama pada lahan parkir atau taman.

Selain itu terdapat strata title yang merupakan sistem pembagian tanah dan bangunan dalam satuan unit dan jangka waktu yang dimiliki strata title mengikuti status tanah tempat rumah susun tersebut berdiri. Jika misalnya status yang digunakan adalah HGB, maka semua orang pemilik strata title pada masa akhir haknya harus memperpanjang SHGB tanah secara bersama-sama. Namun jika yang dimiliki status tanah adalah SHM, maka bangunan tersebut hanya boleh dimiliki oleh WNI.

D. Girik atau Petok

4 Jenis Sertifikat Rumah dan Properti

Pada jenis terakhir ini sebenarnya bukan administrasi desa dan bukan sertifikat kepemilikan tanah. Perlu diketahui jika girik atau petok memiliki fungsi untuk menunjukkan penguasaan atas lahan dan keperluan perpajakan. Terdapat beberapa hal yang tercantum pada surat girik atau petok, seperti nomor, luas tanah, dan pemilik hak, baik itu karena jual beli atau waris. Pada umumnya surat ini harus disertai dengan Akta Jual Beli atau Surat Waris.

Itulah sedikit ulasan tentang 4 jenis sertifikat rumah dan properti serta arti properti syariah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Beli Rumah

Investasi Passive Income Syariah Apartemen De KOST Di Bogor

5 Tips Beli Rumah

Mau beli rumah? Yuk simak 5 tips berikut, 5 tips ini bisa bantu kamu beli rumah. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan hunian, membuat menjamurnya pihak developer properti dengan penawaran yang kian beragam. Sebagai calon konsumen, tentunya kita akan menghadapi beberapa kesulitan memilih mana yang terbaik untuk kita. Salah satu jenis properti yang tengah naik daun adalah properti syariah. Karena Indonesia memiliki banyak umat islam, maka tak heran jika properti berbasis syariah kian banyak diminati.

Cara Memilih Properti Syariah Penuh Berkah

1. Teliti Dalam Memilih Developer

Sebagai konsumen yang cerdas haruslah memilih pengembang atau developer properti yang baik. Bukan hanya properti syariah, ini juga berlaku untuk kamu yang mencari properti konvensional. Selain mendtangi proyek properti secara langsung, kalian juga perlu memastikan pihak pengembang apakah sudah mengikuti komunitas Developer Properti Syariah Indonesia atau belum. Komunitas ini merupakan kumpulan penyedia properti konvensional maupun syariah yang memiliki repurtasi yang baik. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk menghindari diri dari pengembang nakal atau bahkan penipuan.

2. Melihat Rumah Sampel

Dalam proses pembelian hunian tentunya para konsumen diwajibkan untuk melihat rumah sampel atau percontohan yang ada. Hal ini dilakukan agar para pembeli bisa memiliki gambaran seperti apa rumah yang akan mereka beli. Istishna atau pola inden adalah pembangunan properti akan dilakukan ketika pembeli sepakat dengan harga yang ditawarkan. Bukan hanya properti syariah, properti konvensional juga banyak yang menerapkan metode istishna. Developer syariah juga ada yang menyediakan hunian tanpa DP atau uang muka, namun tentu saja hal ini memengaruhi lamanya proses pembangunan. Jika pembeli menginginkan hunian tersebut dalam waktu dekat, maka ada biaya tambahan yang harus dibayarkan.

3. Pengembang Tanpa Bank

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa properti syariah tidak mengenal riba atau mengharamkan riba, sehingga tidak memerlukan kerja sama dengan bank. Mulai dari pembiayaan hingga pembayaran semuanya dilakukan secara mandiri oleh developer. Namun untuk sumber pembiayaan, pihak developer syariah tentunya perlu bantuan para investor. Sehingga hunian yang didapat akan jauh lebih berkah dan terhindar dari unsur riba. Namun, apabila pihak developer tidak cukup memiliki investor untuk membiayai, maka para pembeli akan diharuskan untuk membayar DP atau uang muka yang bervariasi tergantung developernya. Hal ini tentu saja untuk kepentingan pembiayaan pembangunan agar sesuai dengan tenggat waktu yang diinginkan.

5 Tips Beli Rumah

4. Memilih Hunian KPR Bank Syariah

Berbeda dengan KPR syariah atau properti syariah, KPR bank syariah ini memiliki konsep yang sebagian sama dengan properti konvensional. KPR bank syariah memiliki sistem denda dan juga sistem bagi hasil, jadi bisa dibilng masih memiliki sistem riba walau tidak begitu kentara. Namun, keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah, kebanyakan properti bank syariah memiliki sistem asuransi yang pastinya untuk keselamatan dan jaminan hunian itu sendiri. Tetapi perlu diingat juga, sistem asuransi tersebut masih terdapat kemungkinan riba, ghoror dan maysir yang mungkin saja mengurangi keberkahan hunian tersebut, wallahualam. Semua kebijakan kembali kepada anda sebagai konsumen.

5. Cash Keras

Salah satu cara untuk menghindari kemungkinan riba adalah dengan membayar biaya properti secara kontan. Meski kini harga yang dibanderol amat sangat tinggi, yaitu lebih dari 250 juta, namun hal ini tentunya tidak akan merasa berat bagi anda yang memang memiliki jumlah uang tersebut. Bagi anda yang tidak memiliki sejumlah uang yang cukup untuk melakukan cash keras, maka disarankan untuk tidak memaksakan diri. Cash keras, tidak memerlukan metode cicilan yang mungkin masih diberikan tambahan bunga selama tenor.

6. Memilih Developer dengan Bunga Cicilan 0%

Developer properti syariah tentunya akan memberikan cicilan yang sama jumlahnya dengan harga yang disepakati. Tidak ada tambahan bunga di setiap pembayaran selama tenor. Hal inilah yang disebut bebas dari riba. Jadi disarankan untuk anda mencari pengembang tanpa bunga cicilan.

Itulah beberapa tips dan informasi mengenai properti syariah yang perlu anda ketahui. Selain syariah, kalian juga bisa memilih propeti konvensional, tentunya pilihlah sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jangan sampai anda sebagai konsumen merasa dirugikan dengan harga atau bunga cicilan yang membebani. Semoga informasi ini bisa menginspirasi anda dalam memilih hunian.

Demikian 5 Tips yang bisa bantu kamu beli rumah, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Silahkan share jika dirasa bisa membantu.

Baca Juga :

Investasi Passive Income Syariah Apartemen De KOST Di Bogor

Tanya Jawab Seputar KPR Syariah Tanpa Bank

Tags :
Investasi Passive Income Syariah

Ingin Investasi Passive Income Apartemen Syariah De KOST Di Bogor?

Pernah terpikir punya passive income untuk masa depan?
Dengan nilai investasi mulai dari 190 jutaan saja per unitnya, Anda berpeluang menjadi juragan apartemen-kos dengan fasilitas standar apartemen, aman, dan nyaman ditambah lingkungan Islami di kawasan strategis dekat Kampus IPB.

Investasi yang aman secara syariah karena:
Tanpa Bunga
Tanpa Denda
Tanpa Gharar
Tanpa Sita
Tanpa Akad Bathil
Tanpa BI Checking

STRATEGIS LOKASI:
5 Menit ke IPB
10 Menit ke RS Medika Dramaga
10 Menit ke Giant Dramaga
10 Menit ke wisata alam Situ Gede
15 menit ke terminal Laladon/Bubulak
20 Menit Ke Tol BORR
30 Menit Ke Stasiun Bogor

POTENSI MARKET:
IPB peringat ke-3 Kampus Terbaik di Indonesia
4000 Mahasiswa baru IPB setiap tahunnya
Total potensi pasar sebesar 28.884 orang Mahasiswa di Kampus IPB
Terdapat 5 program (vokasi, sarjana, magister, doktoral, dan sekolah bisnis)
Mahasiswa di IPB berasal dari kalangan menengah atas

investasi income passive syariah

POTENSI PROFIT:
Income sewa mencapai 24 juta rupiah per unit selama 1 tahun
Proyeksi income yang bisa Anda dapatkan mencapai puluhan juta rupiah di tahun ke dua
Passive income ratusan juta rupiah di tahun ke lima.

Dekost adalah salah satu produk investasi yang Juragan Properti saat ini pasarkan. Berupa apartemen kos-kosan dekat kampus IPB Dramaga.

Value yang paling mencolok dari Dekost adalah adanya nilai dakwah dalam Program-programnya dan juga fasilitas yang insya Allah lebih lengkap dibanding apartemen kos serupa.

Apa saja yang didapat jika berinvestasi di Dekost Indonesia?

🚩 Keuntungan dari sisi skema pembayaran yang mengandung tujuh kebaikan utama yaitu :Tanpa Riba, Tanpa Denda, Tanpa Sita, Tanpa Bunga, Tanpa Penalti, Tanpa Gharar dan Tanpa BI Checking. Insya Allah bisnis anda akan berkah dan berlimpah karena sesuai tuntunan syariah.

🚩 Potensial Market, saat ini IPB adalah 3 besar universitas terbaik di Indonesia dengan potensial market mahasiswa baru IPB 4000 mahasiswa pertahun belum lagi jika dihitung dengan tenaga karyawan dan pengajar kampus serta 28.000 mahasiswa yang ada saat ini.

🚩 Passive Income yang menjanjikan hingga 24 jutaan/tahun/unit,angka ini tentu akan naik seiring dengan meningkatnya harga kos-kosan di sekitar IPB. Jumlah mahasiswa IPB dari seluruh Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya tentunya akan berdampak pada peminat hunian kos2an. Jumlah hunian yang tersedia saat ini belum mencukupi jumlah kebutuhan hunian kos2an untuk mahasiswa IPB. Oleh karenanya ini akan menjadi bisnis dengan passive income yang menjanjikan selama masih ada kampus IPB maka bisnis kos2an ini masih ada terus calon penghuninya.

🚩 Lokasi Strategis, sangat mudah diakses oleh calon penghuni bahkan tanpa menggunakan kendaraaan bermotor hanya dengan 8 menit berjalan kaki ke kampus IPB. Karena lokasinya yang strategis tentu akan banyak yang berminat ngekost disini dan sewaktu-waktu jika unitnya ingin dijual pasti akan banyak peminat dan harganya akan mengalami kenaikan dengan cepat.

🚩 Fasilitas premium terbaik, satu-satunya kawasan kos2an islami terbaik dan terlengkap di kawasan kampus IPB. Fasilitas yang terdiri dari : Masjid, kolam renang terpisah ikhwan dan akhwat, gym (Fitness), food court, lapangan olah raga, jogging track, sarana kesehatan, mini library, aula, co- working space, arena parkir yang luas, lift, lobby resepsionis, internet super cepat, security dan CCTV.

🚩 Estate management, pihak developer akan mengelola asset investasi bapak/ibu secara profesional meliputi keamanan, kebersihan, perawatan fasilitas kawasan dan mencarikan calon penghuni untuk mengisi unit investasi bapak/ibu sehingga tidak perlu khawatir karena kami akan mengerjakan pekerjaan ini semua untuk bapak/ibu
Beminat untuk investasi passive income Apartemen Syariah De Kos di Bogor? Segera hubungi 0813-1664-5553

Baca juga :

Uang Muka Perumahan Syariah Memberatkan? Ini Solusinya

Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus TahuUang Muka Perumahan Syariah Memberatkan? Ini Solusinya

Berikut adalah tanya jawab septar KPR Syariah tanpa Bank bersama Ustad Rosyid Muhammad Rosyidi Aziz

Tanya Jawab Seputar KPR Syariah tanpa Bank

1. Bisa dijelaskan tentang KPR syariah ?

KPR Syariah itu skema kepemilikan rumah dengan akad-akad yg sesuai syariah. KPR Syariah bukan hanya bicara tentang konsep hunian semisal di perumahan dibangun masjidnya, ada sekolah tahfidznya, ada pengajian warganya dan lain lain. Jadi ini penekanannya lebih ke skema kepemilikan property salah satunya adalah rumah.

2. Apa perbedaan dengan KPR Konvensional ?

Jika KPR konvensional selalu melibatkan bank, KPR Syariah tidak. Jika KPR konvensional selalu melibatkan Asuransi, KPR Syariah tidak. Jika KPR konvensional biasanya menerapkan denda dalam transaksinya, KPR Syariah tidak. Dan masih banyak lagi bedanya.

3. Apa keunggulan dari KPR syariah ?

Dengan skema ini insyaallah transaksi lebih mudah gak pake ribet. Lebih tenang gak pake mumet. Juga lebih praktis gak pake njlimet. Dan yang jauh lebih penting adalah sesuai syariah sehingga transaksinya berkah dan orangnya pun slamet. Slamet dunia slamet akhirat.

4. Apa kelemahan dari KPR Syariah ?

Kalau tentang kelemahannya, skema ini agak rentan dimanfaatkan oleh orang-orang yang jahat, yang gak takut siksa akhirat. Karena nama Syariah itu sendiri memiliki magnet dan daya tarik.

5. Sejak kapan trend KPR syariah mulai dilirik kalangan masyarakat ?

Kalau gagasannya sudah cukup lama. Tapi momentum mungkin di taun 2016, 2017 kesini. Insyaallah puncak boomingnya akan terjadi di tahun 2020. Semoga makin lama makin ngetrend seiring kesadaran masyarakat mengenai skema kepemilikan property dengan cara yang halal.

6. Resikonya apakah lebih besar ? dari sisi pengembang maupun dari konsumen ?

Resiko itu relatif. Karena transaksi ini yang mengoperasikannya tetaplah manusia. Demikian pula konsumennya, juga manusia. Tapi inilah bisnis, yang penting bagaimana kita meminimalisir resiko bahkan mengunci resiko tanpa harus melanggar norma syariah.

7. Apa yang memuat penetrasi KPR syariah masih kecil, padahal kita tau di Indonesia mayoritas adalah penduduk muslim ?

Karena edukasinya yang masih sangat kurang.

Tanya Jawab Seputar KPR Syariah Tanpa Bank

8. Dimana point yang masih membuat sebagian banyak orang salah kaprah tentang KPR syariah ?

Mungkin anda juga menyangka KPR Syariah itu transaksinya mengunakan skema pembiayaan bank syariah, benar begitu ‘kan ? Padahal kami tidak pakai bank, termasuk bank syariah sekalipun.

9. Dampak positif apa yang bisa langsung terasa dari sistem KPR syariah ini terhadap pelaku bisnis properti ?

Bahwa selalu ada jalan disetiap kesulitan. Kenyataannya, banyak pelaku bisnis property yang merasa seolah olah ajal telah menjemputnya ketika proposalnya ditolak bank. Nah, skema ini menghidupkan kembali harapan developer bahwa tanpa bank pun bisnis tetap bisa kita jalankan.

10. Bagaimana sebenarnya skema dari KPR syariah ?

Sederhananya begini, developer menjual langsung propertinya kepada konsumen. Tidak melalui pihak ketiga.

11. Apa yang menyebabkan cicilan pada KPR syariah bisa tetap ?

Berakad itu adanya di depan. Akad itu harus jelas, nilainya tetap dan tidak berubah-ubah.

12. Jika suku bunga KPR naik, apakah KPR syariah juga akan ikut naik ?

Tidak ada urusan dengan suku bunga.

13. Bagaimana margin dalam pembiayaan syariah ?

Bahkan kita pun tidak pakai istilah pembiayaan. Ini adalah jual beli dua pihak saja. Sesederhana itu.

14. Melindungi konsumen dari fluktuasikah skema KPR syariah ?

Kami hanya ingin bertransaksi sesuai syariah saja. Dan itu pilihan terbaik bagi pebisnisnya dan tentu saja bagi konsumennya.

15. Denda keterlambatan pada KPR syariah masihkah terlalu tinggi ?

Nah kan..? Bahkan anda pun masih menyangka kita terapkan skema denda, hehehe. Denda itu riba dan riba itu dosa besar yang diharamkan syariah.

16. Benefit apa saja yang bisa dirasakan bagi konsumen yang memilih KPR syariah ?

Lebih mudah, lebih murah, lebih tuma’ninah dan insyaallah lebih berkah.

17. Ada perumahaan apa saja yang bapak tau saat ini sudah menerapkan KPR syariah ?

Ada banyak, ada ratusan lokasi dan transaksi syariah dalam kepemilikan rumah ini kini telah diterapkan di ratusan projek di berbagai daerah diseluruh Nusantara. Projek projek Property Syariah insyaallah makin tersebar luas seiring dengan tingkat kesadaran masyarakat mengenai dosa dan bahaya riba. Semoga kita menjadi salah satu pejuang Property Syariah ini. Aamiin.

Share dari Ustad Rosyid Muhammad Rosyidi Aziz

Baca Juga :

Sudah Tahu Kenapa Rumah Syariah Tanpa Asuransi?

Rumah Tanpa Riba? Ini 3 Solusi Ampuh Untuk Memilikinya

Sudah Tahu Kenapa Rumah Syariah Tanpa Asuransi? Semua orang pasti ingin memiliki hunian idaman yang bisa membuat keluarga bisa hidup dengan nyaman. Namun harga rumah yang semakin mahal membuat masyarakat tidak mampu untuk membelinya  secara kontan. Melihat masalah tersebut membuat peluang penjualan dengan sistem angsuran menjadi semakin besar, misalnya KPR konvensional. Bisa dikatakan jika KPR konvensional juga tidak mudah karena ada bunga dan transaksi tersebut terdapat unsur riba. Untuk mendapatkan rumah dengan cara yang lebih aman, tidak ada salahnya jika menggunakan properti syariah.

rumah syariah Tanpa Riba

Properti syariah sangat mudah dan tidak memberatkan nasabah. Namun perlu diketahui jika rumah syariah tidak menggunakan asuransi. Meskipun terdapat asuransi syariah, tetap saja rumah syariah memiliki alasan tersendiri untuk tidak menggunakan asuransi.

Alasan Rumah Syariah Hadir Tanpa Asuransi dan Pengertian Properti Syariah

Sebelum mengetahui alasan rumah syariah hadir tanpa asuransi, lebih baik ketahui terlebih dulu pengertian properti syariah. Properti syariah sendiri sering juga disebut dengan KPR syariah yang merupakan sistem kepemilikan rumah yang menggunakan akad sesuai syariah dalam prosesnya dari awal hingga selesai. Sistem yang satu ini mengedepankan aturan yang sesuai dengan syariah sehingga terhindar dari adanya transaksi riba. Sangat berbeda dengan KPR konvensional yang menggunakan pihak ketiga dalam transaksinya, properti syariah langsung terhubung antara konsumen dan developer. Transaksi yang dilakukan bisa jual beli secara tunai atau kredit, sesuai dengan kemampuan.

Selain menghindari riba, properti syariah memiliki keunggulan yang lain. Harga yang disepakati bisa dibayar sesuai dengan kemampuan, baik itu secara tunai atau angsuran. Jika secara angsuran, jangka waktu yang ditentukan juga sesuai dengan kesepakatan. Harga tersebut tidak akan berubah meskipun kondisi ekonomi berubah. Selain itu, masih ada kelebihan yang lain yaitu ketika terlambat membayar angsuran maka tidak akan dikenakan denda sama sekali dan yang harus dilakukan adalah memberitahu kepada pihak developer agar bisa dicari jalan keluar yang terbaik tanpa merugikan kedua belah pihak.

Hal tersebut juga dilakukan jika terjadi kemacetan saat proses angsuran berjalan dan tidak bisa membayar angsuran. Jika mengalami hal tersebut, developer tidak akan melakukan penyitaan dan pencarian jalan keluar terbaik akan dilakukan agar tidak terjadi kerugian untuk kedua belah pihak.

Jika sudah mengerti dengan sistem properti syariah, maka yang selanjutnya adalah membicarakan tentang alasan rumah syariah hadir tanpa asuransi. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa asuransi syariah juga ada namun tetap saja rumah syariah tidak menggunakannya. Alasan yang paling mendasar adalah karena asuransi sangat dekat dengan riba dan terdapat beberapa unsur yang dilarang selain riba.

Bisa dikatakan jika berbagai jenis asuransi adalah haram karena di dalamnya terdapat berbagai unsur, seperti riba, qimar, dan ghoror yang merupakan unsur haram dalam syariat. Asuransi dikatakan memiliki unsur qimar atau judi karena terdapat spekulasi yang tinggi. Berbagai spekulasi bisa didapatkan dan spekulasi tersebut penuh dengan ketidakjelasan. Hukum tentang qimar sudah tercantum dalam ayat Al Quran.

Sudah Tahu Kenapa Rumah Syariah Tanpa Asuransi?

Begitu juga dengan ghoror atau ketidakjelasan pada akad yang bertujuan mencari keuntungan dan ketidakjelasan sangat terlihat pada waktu penerimaan klaim nasabah. Hal tersebut semakin nampak jelas karena setiap nasabah tidak selalu mendapatkan klaim karena tidak terjadi apapun kepada nasabah. Klaim yang disepakati baru akan didapatkan jika nasabah mendapatkan risiko dan risiko tersebut tidak bisa diketahui oleh siapapun, baik itu waktu atau bentuk risiko yang terjadi.

Selain ketidakjelasan penerimaan klaim, ketidakjelasan juga terjadi pada besaran klaim yang akan diperoleh nasabah. Nasabah tidak akan mengetahui jumlah besaran klaim yang akan diterima dan hal tersebut sangat dilarang. Begitu juga dengan unsur riba yang membuat asuransi tidak digunakan dalam properti syariah. Riba pada asuransi terlihat dari adanya sesuatu yang berlebih dan penundaan yang dilakukan. Tak hanya itu saja, dalam asuransi juga merupakan bentuk memakan harta orang lain yang bisa dilihat dari klaim yang tidak selalu didapatkan oleh nasabah karena tidak ada risiko apapun yang terjadi pada nasabah.

Jika melihat beberapa unsur yang disebutkan maka sudah jelas jika asuransi tidak digunakan dalam properti syariah. Itulah sedikit ulasan tentang alasan rumah syariah tanpa asuransi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus Tahu

Uang Muka Perumahan Syariah Memberatkan? Ini Solusinya

Tips & Trik Investasi Properti

Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus Tahu. Sejalan dengan meningkatnya permintaan konsumen akan produk properti, membuat semakin besar peluang bagi para investor untuk meraih banyak keuntungan. Entah itu berbasis konvensional atau syariah. Keduanya sama-sama memiliki resiko dan keuntungan yang berbeda-beda. Untuk menghindari kegagalan dalam berbisnis, maka anda perlu memperlajari beberapa hal seputar properti syariah dan konvensional secara lebih mendalam.

Berinvestasi Properti Syariah Dan Konvensional

1. Properti Konvensional Dan Syariah

Perbedaan yang mencolok antara properti konvensional dan syariah adalah metode pembayaran antara keduanya. Kita pasti tahu bahwa properti konvensional bekerja sama dengan bank konvensional yang dibutuhkan untuk pembiayaan pembangunan dan juga sebagai pihak ketiga ketika proses pembayaran. Jadi ketika anda memilih properti konvensional, anda akan dikenakan beberapa biaya tambahan atau bunga dalam setiap pembayaran. Ketika anda memilih untuk menyicil pun akan dikenai tambahan bunga di setiap pembayarannya.

Lain dari konvensional, properti syariah memilih untuk menerapkan syariat islam untuk metode akad jual beli hingga pembyaran. Di sini anda tidak akan mengenal biaya tambahan, karena mereka berusaha untuk mengurangi resiko riba yang dilarang oleh agama Islam. Jadi harga yang ditawarkan terlihat lebih adil dan juga sehat. kebanyakan developer syariah tidak melakukan kerja sama dengan bank konvensional, jadi mereka memenuhi pembiayaan pembangunan murni dari diri sendiri dan juga investor. Maka tak heran jika kebanyakan uang muka properti syariah sangat memberatkan, hal ini tentu untuk membiayai keberlangsungan pembangunan hunian anda.

2. Keuntungan Berinvestasi Properti

A. Keuntungan Investasi Properti Syariah

Investasi properti menjadi salah satu gaya berinvestasi masyarakat yang banyak memberikan keuntungan, selain rendah resiko, investasi properti juga memiliki prospek yang menarik kedepannya. Untuk properti syariah sendiri tak jauh berbeda dari investasi properti lainnya, yaitu bertambah tahun bertambah juga harga properti dan juga sebagai investasi jangka panjang. Selain mendapatkan kepuasan secara finansial, anda juga akan mendapat beberapa kepuasan pada segi religi. Karena properti yang anda miliki bebas dari riba, sehingga jauh lebih berkah dan bersih dari campur tangan riba.

B. Keuntungan Investasi Properti Konvensional

Sama seperti investasi properti syariah, properti konvensional memiliki prospek yang besar di masa depan, karena harga kebutuhan papan akan jauh lebih meningkat tiap tahunnya. Hal inilah yang kemudian menjadikan investasi properti kian diminati masyarakat. Selain itu, investasi properti konvensional memiliki nilai tambah dari tanah lapang menjadi lebih memiliki nilai jual yang besar. properti juga tidak hanya bisa dijual, anda bisa juga menjadikannya sebagai kontrakan, indekos, ruko dan lain-lain.

Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus Tahu.

investasi property

3. Tips Dan Trik Investasi

A. Mencari Pengembang Yang Baik

Dalam berinvestasi ada baiknya anda mencari developer atau pengembang yang memiliki track record yang baik. Track record tersebut menunjukan bahwa pengembang tersebut sudah memiliki kepercayaan yang lumayan besar di badan masyarakat. Untuk anda yang memilih properti syariah, tentunya pilihlah developer yang memang benar-benar tidak menerapkan riba. Pilihlah pengembang yang memang memiliki pengalaman dalam melakukan proyek-proyek besar.

B. Pastikan Lokasi Properti Memiliki Prospek Yang Baik

Selain memilih pengembang yang baik, anda juga perlu memperhatikan lokasi properti yang diinginkan, apakah memiliki prospek yang baik atau tidak. Biasanya para pencari hunian baru lebih memilih properti dengan lokasi yang strategis. Semakin strategis properti, maka semakin besar harga yang bisa anda banderol. Dengan begitu, makin banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan.

C. Melihat Detail Properti Yang Ditawarkan

Sebagai investor yang cerdas, tentunya kita perlu mengetahui detail properti yang ditawarkan. Anda bisa memperhatikan properti mulai dari lokasi, fasilitas, legalitas tanah dan bangunan dan sebagainya. semuanya perlu dilihat secara teiiti agar anda terhindar dari kemungkinan kegagalan. Selain itu anda bisa memilih properti dengan melihat model yang ditawarkan.

Demikian beberapa informasi mengenai cara investasi properti. Dalam memasarkan properti tentunya anda perlu mengetahui harga pasarannya. Anda bisa melihat fasilitas serta model properti yang anda miliki lalu sesuaikan dengan harga yang pantas. Hindari membanderol harga yang terlampau mahal atau terlalu murah. Hal ini bisa membuat anda gagal dalam memasarkannya.

Demikian sedikit penjelasan tentang
Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus Tahu. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk Anda maupun kerabat yang ingin memulai investasi di bidang property.

Tags :



Uang Muka Perumahan Syariah Memberatkan? Ini Solusinya.Hunian adalah kebutuhan pokok yang perlu dimiliki oleh setiap orang, apalagi ketika seseorang itu berhasil memiliki hunian sendiri oleh hasil kerja kerasnya. Bisnis properti kini sangat menjamur, hal ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hunian atau perumahan. Banyak jenis jasa properti yang bisa kalian temui, mulai dari rumah tapak, rukan atau ruko, apartemen hingga rumah susun bisa dengan mudah didapatkan. Salah satu jenis properti yang tengah naik daun adalah perumahan syariah. Mengapa harus perumahan syariah? Dan apa kelebihan properti syariah dengan yang lainnya? Berikut informasinya,

Solusi Mendapatkan Mendapat Harga Uang Muka Yang Ringan Pada Properti Syariah

Uang Muka Perumahan Syariah

1. Perbedaan Perumahan Syariah Dan Konvensional

Dari judulnya saja kita sudah tahu bahwa properti syariah pasti memiliki sistem yang sesuai dengan syariat islam. Jika pihak properti konvensional mengharuskan para pembeli untuk membayar cicilan dan bunga, maka mereka tidak. Mereka menghindari cicilan berbunga, karena bunga ini dikenal sebagai riba yang tidak sesuai dengan syariat islam. Pihak developer syariah sendiri tidak menggunakan Bank sebagai pihak ketiga untuk menghindari kemungkinan riba. Para pembeli akan membayarkan secara cash atau kredit langsung kepada pihak developer

2. Keuntungan Memilih KPR Syariah

A. Akad Jual Beli Sesuai Syariat Islam

Salah satu keuntungan memilih properti syariah atau KPR syariah tentunya adalah hunian yang akan dipilih bebas dari pengaruh riba. Tentunya hal ini menjadi sensasi kepuasan tersendiri bagi kaum muslim, entah itu secara finansial maupun secara agamis. Namun hal terpenting yang harus ditekankan adalah pilihlah properti yang sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Karena kebanyakan KPR syariah memberikan uang muka yang lumayan memberatkan. Bukan tanpa alasan, pihak developer KPR syariah tidak memiliki kekuatan finansial selain pada investor dan juga para calon pembeli.

B. Tanpa Pihak Ketiga

Seperti yang kita ketahui, properti syariah tidak melakukan kerja sama pada pihak ketiga yaitu bank. Mereka melakukan pembiayaan secara mandiri yaitu berkat dukungan biaya para investor. Dengan begitu, para pelanggan tidak perlu lagi resah akan terjadinya riba. Untuk cicilannya pun tetap flat sesuai perjanjian tanpa memiliki bunga di sepanjang masa tenor.

3. Uang Muka Di Perumahan Syariah

Sebelum mengeluhkan beratnya uang muka KPR syariah, kita harus mencari tahu dahulu apa alasannya sehingga uang muka yang diberikan begitu besar. Pembangunan perumahan syariah bukan hanya sekedar mendirikan seonggok rumah saja, melainkan banyak pembiayaan lain yang memerlukan uang. Mereka perlu biaya untuk legalitas tanah dan bangunan, pembuatan parit dan saluran air, pembangunan jalan dan masih banyak lagi, semuanya diperlukan pembiayaan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa pihak developer tidak menggunakan bantuan bank, mereka hanya mengandalkan pembiayaan oleh para investor, itu pun jika ada banyak.

Dengan sumber finansial yang bisa dibilang minim, maka banyak developer mencari sumber pembiayaan lain yaitu dengan memberikan uang muka yang lumayan besar. Bukan tanpa alasan, uang muka ini juga digunakan demi kelancaran dan kelanjutan pembangunan hunian tersebut. Namun ada juga beberapa developer syariah yang memberikan cicilan 0% dengan pembiayaan bank syariah. Namun anda juga akan dikenakan biaya bagi hasil untuk setiap pembayaran.

4. Solusi Membayar Uang Muka

A. Menabung Berupa Uang Atau Investasi Emas

Jika dirasa uang muka terlalu berat, anda bisa mengantisipasinya jauh-jauh hari. Kalian bisa menabung dengan cara apapun. Kini, masyarakat tengah tertarik dengan iming-iming keuntungan berlipat dari investasi emas. Anda bisa menerapkan gaya menabung investasi emas secara mandiri atau juga berinvestasi di bank, koperasi dan lain. Harga emas yang semakin lama semakin meningkat, bisa menolong kamu untuk lebih siap dalam membayar uang muka KPR syariah.

Demikian informasi terkait properti syariah yang bisa kami bagikan untuk anda yang mencari perumahan syariah. Memang sulit bagi para developer properti syariah untuk bersaing dengan para developer properti konvensional. Hal ini dikarenakan uang muka properti yang memberatkan para konsumen. Namun kita juga harus sadar bahwa banyak penyebab internal yang tidak bisa dihindari oleh para developer, tentunya hal tersebut untuk kelancaran pembangunan. Semoga informasi diatas bisa membuat kamu lebih mengetahui hal-hal mengenai perumahan syariah.

Abdi Garden Cifor
Abdi Garden Cifor merupakan salah satu perumahan eksklusif yang terletak ditengah kota bogor, satu-satu project perumahan yang memberikan nuansa dengan pemandangan alam yang asri dengan skema cicilan langsung ke developer. Project ini sangat cocok bagi Anda ingin mendapatkan hunian berkelas namun tanpa khawatir dengan denda, riba, sita dan BI Checking.

Abdi Garden Cifor

Perumahan dengan VIEW HUTAN LINDUNG di TENGAH KOTA BOGOR serta nuansa yang asri dan konsep rumah yang ngga dempetan. Luas total project 40 Hektar dan dalam waktu dekat akan disulap menjadi kawasan islami terbesar di Bogor dengan total sebanyak 1200 unit!!

Abdi Garden Cifor

Bagaimana dengan Airnya?? Kalau masalah air tidak perlu khawatir jernihnya, bisa diuji di IPB atau ITB dan kesejukannya kaya minum SPRITE atau Adem Sari..

Nah perumahan ini meskipun suasananya ASRI lokasinya tidak diperkampungan atau dipelosok tapi ditengah kota bogor loh.. Yaitu dekat dengan Pusat Penangkaran Rusa (CIFOR) danau Situ Gede.

50 Meter dari Jalan Utama Cifor
300 Meter Terminal Bubulak
1.5 KM Yogya dramaga
1.5 Km Giant dramaga
1 Km McDonald Cilendek
1 Km ke Pizza Domino
2.5 Km Transmart Yasmin, Hermina dan Giant Yasmin
3 Km Pintu Toll BORR SEKSI IIB
3 Km ke IPB Dramaga
6 Km Stasiun Bogor
2 Km Rumah Sakit Dramaga Medika

Abdi Garden Cifor

Fasilitas Abdi Garden
Row jalan 8 Meter
Taman Bermain
Jogging Track
Kios dan Ruko
Masjid Jami

Kelebihan Abdi Garden Cifor
Konsep rumah yang tidak berdempetan
Kualitas bangunan terbaik dikelasnya
Lokasi yang sangat strategis
Nyaman, Sejuk dan Hijau karena berkonsep GARDEN dan berada di kawasan hutan lindung
Tanpa Riba, Tanpa Denda, Tanpa Pinalty dan Tanpa BI Checking

Type dan Desain Abdi Garden
Type 30/104

Abdi Garden Cifor

Type 39/120

Yuk survei sekarang, Sebelum HARGA NAIK

Kalau mau entar-entaran surveinya sih ga apa-apa cuma tanggal 1 Februari harga udah naik lagi..

Yah namanya properti ngga kaya beli mercy, baru pake harga udah turun..

Kalau beli properti, dijemur setahun udah naek harganya..

Mau tanya-tanya lebih lanjut atau mau nambah diskon?

Segera Hubungi Marketing Kesayangan Anda

3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba. Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis menuntut para penggeliat bisnis untuk lebih kreatif. Tak terkecuali untuk bisnis properti, setiap tahunnya kebutuhan akan hunian masyarakat kian meningkat. Tak heran jika banyak pebisnis kini yang memilih untuk berinvestasi usaha properti. Namun, banyak konsumen muslim yang mengeluhkan kegalauannya mengenai properti KPR yang masih terendus memiliki sistem riba. Ada 3 cara ampuh yang bisa konsumen lakukan untuk memilih properti syariah dengan baik dan benar tanpa adanya Anda dapat memiliki rumah tanpa riba.

3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba

Mengenal Properti Syariah Lebih Dekat

1. Perbedaan Properti Syariah Dengan Yang Lainnya

Seperti namanya, properti syariah atau KPR syariah ini menggunakan sistem jual beli sesuai dengan syariat islam. KPR syariah menganut sistem isthisna (pembiayaan rumah tetap), akad ijarah muntahia (akad sewa beli) atau juga murabahah (akad jual beli) yang mengharamkan riba. Namun bukan berarti properti ini hanya boleh dinikmati oleh masyarakat Islam saja, masyarakat beragama lain pun juga bisa. Hanya saja sistem kesepakatan disesuaikan dengan syariat Islam. Dengan banyaknya masyarakat Islam, KPR syariah pun kini mulai dikenal luas di Indonesia.

Jika pada umumnya KPR konvensional menggunakan jasa orang ketiga (bank) sebagai perantara, maka KPR syariah ini tidak, namun sebagian ada yang bekerja sama dengan Bank syariah. Dengan metode akad istishna, para pelanggan tidak lagi ragu dalam membayar cicilan, karena didalamnya tidak memiliki unsur riba. Namun kebanyakan pihak developer memberikan harga uang muka yang cukup besar yaitu sekitar 30% dari harga. Hal ini perlu dilakukan karena pihak developer hanya mengandalkan pembiayaan dari para investor (jika ada) dan para calon pelanggan.3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba

2. Kelebihan Dan Kekurangan Memilih Properti Syariah

Setiap sesuatu pastilah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ketika kita memilih untuk membeli hunian syariah, belum tentu harga yang ditawarkan menjadi lebih murah. Tanpa bantuan biaya dari bank, para developer tentunya akan sedikit membebani dengan memberikan uang muka pada calon pembeli, tapi ada juga diantaranya yang tidak. Tanpa perantara bank juga para pembeli diharuskan untuk membayar langsung ke pihak developer. Meski secara kontan atau kredit, harga yang ditawarkan akan flat tanpa tambahan bunga hingga akhir asa tenor.

3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba

3. Praktekan 3 Solusi Untuk Memilih Hunian Non Riba

A. Pembayaran Secara Kontan

Untuk menghindari biaya riba maka anda perlu menggunakan metode pembayaran secara kontan atau cash keras. Dengan sistem cash keras ini para pelanggan akan terhindar dari peminjaman uang yang harus membayar cicilan ke Bank syariah. Namun harga rumah yang semakin melejit membatasi pelanggan yang mengambil langkah ini. Pelanggan perlu mempersiapkan finansial yang tak sedikit untuk melakukan cash keras.

B. Pilih KPR Syariah Tanpa riba

Properti syariah atau KPR syariah, keduanya sama, yaitu sama-sama menganut akad jual beli sesuai dengan syariat islam. Namun ada banyak pihak developer yang masih saja memberikan metode pembayaran yang berbau riba, salah satunya adalah developer yang menggunakan Bank sebagai pihak ketiga. Hindari KPR syariah yang menggunakan jasa Bank sebagai perantara pembayaran. Pilih KPR syariah yang memegang teguh prinsip isthisna, murabahah dan ijarah muntahia. Meski banyak pihak Bank yang mengaku berbasis syariah, namun kita masih bisa mengendus metode riba yang biasa kita kenal dengan konsep bagi hasil.

C. Nyicil Tanpa Bank

Pilih developer properti syariah yang mengharuskan para calon pembelinya untuk membayarkan cicilan langsung tanpa adanya perantara Bank. Meskipun bank yang dimaksud berbasis syariah, tapi anda bisa terkena biaya bagi hasil yang masih dinilai sebagai riba. Dengan membayarkannya langsung melalui developer, anda akan terbebas dari riba, untuk cicilan pun tetap flat tapa penambahan bunga. Cara ini tentunya lebih ringan daripada harus melakukan cash keras, yang memang sangatlah memberatkan bagi masyarakat saat ini.

Demikian beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda mengenai properti syariah. Memilih properti tanpa riba memang penting, bukan hanya pada segi syariat islam namun juga pada segi keuntungan. Banyak penyedia jasa properti di luar sana yang bisa anda percaya sebagai penyedia properti tanpa harus menjalankan riba. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan bagi masyarakat yang tengah mencari hunian syariah yang aman, menguntungkan dan pastinya berkah.

3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba

Demikian penjabaran 3 Solusi Ampuh Punya Rumah Tanpa Riba, semoga bermanfaat dan kita semua dapat terhindar dari dosa riba. Aamiin.

Tags :

Copyright @Kubusproperty