fbpx

Sudah Tahu Kenapa Rumah Syariah Tanpa Asuransi? Semua orang pasti ingin memiliki hunian idaman yang bisa membuat keluarga bisa hidup dengan nyaman. Namun harga rumah yang semakin mahal membuat masyarakat tidak mampu untuk membelinya  secara kontan. Melihat masalah tersebut membuat peluang penjualan dengan sistem angsuran menjadi semakin besar, misalnya KPR konvensional. Bisa dikatakan jika KPR konvensional juga tidak mudah karena ada bunga dan transaksi tersebut terdapat unsur riba. Untuk mendapatkan rumah dengan cara yang lebih aman, tidak ada salahnya jika menggunakan properti syariah.

rumah syariah Tanpa Riba

Properti syariah sangat mudah dan tidak memberatkan nasabah. Namun perlu diketahui jika rumah syariah tidak menggunakan asuransi. Meskipun terdapat asuransi syariah, tetap saja rumah syariah memiliki alasan tersendiri untuk tidak menggunakan asuransi.

Alasan Rumah Syariah Hadir Tanpa Asuransi dan Pengertian Properti Syariah

Sebelum mengetahui alasan rumah syariah hadir tanpa asuransi, lebih baik ketahui terlebih dulu pengertian properti syariah. Properti syariah sendiri sering juga disebut dengan KPR syariah yang merupakan sistem kepemilikan rumah yang menggunakan akad sesuai syariah dalam prosesnya dari awal hingga selesai. Sistem yang satu ini mengedepankan aturan yang sesuai dengan syariah sehingga terhindar dari adanya transaksi riba. Sangat berbeda dengan KPR konvensional yang menggunakan pihak ketiga dalam transaksinya, properti syariah langsung terhubung antara konsumen dan developer. Transaksi yang dilakukan bisa jual beli secara tunai atau kredit, sesuai dengan kemampuan.

Selain menghindari riba, properti syariah memiliki keunggulan yang lain. Harga yang disepakati bisa dibayar sesuai dengan kemampuan, baik itu secara tunai atau angsuran. Jika secara angsuran, jangka waktu yang ditentukan juga sesuai dengan kesepakatan. Harga tersebut tidak akan berubah meskipun kondisi ekonomi berubah. Selain itu, masih ada kelebihan yang lain yaitu ketika terlambat membayar angsuran maka tidak akan dikenakan denda sama sekali dan yang harus dilakukan adalah memberitahu kepada pihak developer agar bisa dicari jalan keluar yang terbaik tanpa merugikan kedua belah pihak.

Hal tersebut juga dilakukan jika terjadi kemacetan saat proses angsuran berjalan dan tidak bisa membayar angsuran. Jika mengalami hal tersebut, developer tidak akan melakukan penyitaan dan pencarian jalan keluar terbaik akan dilakukan agar tidak terjadi kerugian untuk kedua belah pihak.

Jika sudah mengerti dengan sistem properti syariah, maka yang selanjutnya adalah membicarakan tentang alasan rumah syariah hadir tanpa asuransi. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa asuransi syariah juga ada namun tetap saja rumah syariah tidak menggunakannya. Alasan yang paling mendasar adalah karena asuransi sangat dekat dengan riba dan terdapat beberapa unsur yang dilarang selain riba.

Bisa dikatakan jika berbagai jenis asuransi adalah haram karena di dalamnya terdapat berbagai unsur, seperti riba, qimar, dan ghoror yang merupakan unsur haram dalam syariat. Asuransi dikatakan memiliki unsur qimar atau judi karena terdapat spekulasi yang tinggi. Berbagai spekulasi bisa didapatkan dan spekulasi tersebut penuh dengan ketidakjelasan. Hukum tentang qimar sudah tercantum dalam ayat Al Quran.

Sudah Tahu Kenapa Rumah Syariah Tanpa Asuransi?

Begitu juga dengan ghoror atau ketidakjelasan pada akad yang bertujuan mencari keuntungan dan ketidakjelasan sangat terlihat pada waktu penerimaan klaim nasabah. Hal tersebut semakin nampak jelas karena setiap nasabah tidak selalu mendapatkan klaim karena tidak terjadi apapun kepada nasabah. Klaim yang disepakati baru akan didapatkan jika nasabah mendapatkan risiko dan risiko tersebut tidak bisa diketahui oleh siapapun, baik itu waktu atau bentuk risiko yang terjadi.

Selain ketidakjelasan penerimaan klaim, ketidakjelasan juga terjadi pada besaran klaim yang akan diperoleh nasabah. Nasabah tidak akan mengetahui jumlah besaran klaim yang akan diterima dan hal tersebut sangat dilarang. Begitu juga dengan unsur riba yang membuat asuransi tidak digunakan dalam properti syariah. Riba pada asuransi terlihat dari adanya sesuatu yang berlebih dan penundaan yang dilakukan. Tak hanya itu saja, dalam asuransi juga merupakan bentuk memakan harta orang lain yang bisa dilihat dari klaim yang tidak selalu didapatkan oleh nasabah karena tidak ada risiko apapun yang terjadi pada nasabah.

Jika melihat beberapa unsur yang disebutkan maka sudah jelas jika asuransi tidak digunakan dalam properti syariah. Itulah sedikit ulasan tentang alasan rumah syariah tanpa asuransi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tips & Trik Investasi Properti Yang Kamu Harus Tahu

Uang Muka Perumahan Syariah Memberatkan? Ini Solusinya

One Comment

  1. Pingback: Tanya Jawab Seputar KPR Syariah Tanpa Bank - kubus Property

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @Kubusproperty